28 04 2010

MANAJEMEN WAKTU

Manajemen adalah mengatur, mengurus, melaksanakan, dan mengelola.

Manajemen waktu adalah proses memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya dengan menitikberatkan atas kemampuan diri sendiri untuk mampu merencanankan, mengatur, mengotrol waktu sehingga didapat hasil sesuai harapan.

1.  Waktu adalah hidup

  • Secara lebih luas, waktu dapat diartikan sebagai hidup (time is life).
  • Artinya, bagi manusia, waktu sama saja dengan hidup.
  • Bicara tentang waktu, sama dengan bicara tentang hidup, yakni hidup yang masih bisa berbuat sesuatu, karena adanya waktu.
  • Manusia = “dia ada waktu”
  1. Waktu sebagai kesempatan.
  • 1 hari 24 jam
  • 1 minggu 168 jam
  • Waktu kadang berlalu cepat, bila berhadapan dengan batas waktu.
  • Sebaliknya waktu kadang terasa begitu lama ketika kita mengerjakan pekerjaan yang membosankan.
  • Waktu berarti kesempatan, yang dapat kita isi secara sadar dan bertanggung jawab.

Pentingnya manjemen waktu

Membuat hidup kita lebih produktif atau banyak menghasilkan sesuatu.

Misalnya dalam belajar dengan memanajemen waktu belajar yang baik maka hasil belajarpun akan baik dan memuaskan.

Waktu adalah harta paling berharga milik Anda. Sekali waktu berlalu, waktu berlalu untuk selamanya. Tidak ada manusia yang bisa kembali ke masa lampau. Adalah sangat penting untuk mengelola waktu dengan sebaik mungkin yang kita mampu. Semakin baik kita mengelola waktu, maka semakin baik kehidupan kita. Sebaliknya, semakin buruk kita mengelola waktu, maka semakin buruk pula kehidupan kita.

Waktu adalah sesuatu yang amat penting bagi kehidupan manusia. Dalam kehidupan ini, setelah mengenal tiga dimensi, manusia mengenal dimensi waktu, yaitu suatu dimensi yang mengikat kehidupan setiap makhluk kemanapun dia beraktifitas.

Cara memanajemen waktu:

  • Mengutamakan kegiatan yang penting dan tidak mendesak. Misalnya membuat rencana dan mengerjakan pekerjaan rumah tepat pada waktunya.
  • Membuat jadwal mingguan:
    • Tentukan waktu kegiatan-kegiatan utama atau penting
    • Tentukan waktu untuk kegiatan-kegiatan utama atau penting itu
    • Tentukan waktu untuk kegiatan-kegiatan lainnya.

Tips :

  1. Menggantungkan jadwal rutinitas bulanan di kamar mereka dan menginstruksikan mereka untuk mencoret hari yang telah mereka lalui.
  2. Memerintahkan anak-anak agar bersiap-siap untuk memulai hari dengan waktu sesingkat mungkin.
  3. Mengajarkan kepada mereka tentang manajemen waktu yang mampu membuat hidup mereka teratur. Anda harus mengajarkan mereka betapa pentingnya manajemen waktu, sehingga mereka akan mengetahui bahwa waktu berlalu dengan cepat sedangkan pekerjaan-pekerjaan yang harus dilakukan begitu banyak.
  4. Membuat jadwal pelajaran, baik untuk mengerjakan pekerjaan rumah (PR) atau belajar ketika ujian. Karena hal tersebut merupakan cara terpenting untuk mengorganisir waktu dalam kehidupan anak-anak.
  5. Ajarkan bahwa setiap kali umur anak-anak bertambah, maka tanggung jawabnya terhadap waktu pun bertambah.

Manfaat menggunakan waktu dengan baik.

v      Menyiapkan masa depan

v      Mewariskan sesuatu kepada orang lain. Ada banyak orang sukses dalam hidupnya jika ditelusuri dengan baik, Nampak bahwa salah satu kunci keberhasilan mereka itu adalah kemampuan mereka menggunakan waktu dengan baik.

v      Manfaat praktis lainnya: dapat melakukan sesuatu lebih banyak karena mampu menentukan prioritas.

v      Mempunyai energy yang lebih karena energy yang kita keluarkan sesuai kebutuhan.

v      Manfaat paling utama: pengendalian diri, keseimbangan, dan prestasi tinggi.

“Komitmenlah dengan jadwal Anda semaksimal mungkin. Kendati demikian, jangan paksakan diri Anda secara ekstrim…”

PERMAINAN

Mengisi batu-batu kecil dan pasir kedalam gelas aqua.

CARA BERMAIN :
• masukan batu-batu kecil ke dalam gelas aqua sebanyak 2 buah
• kemudian diisi dengan pasir
• isi lagi dengan batu-batu kecil  kembali
• teruskan sampai gelas aqua terisi penuh tanpa ada pasir yang tersisa.

  • · Usahakan sebelumnya siswa melakukan sendiri tanpa diberitahu caranya oleh guru.
  • · Coba dengan cara lain, masukan pasir terlebih dahulu kemudian batu-batu kecil, apa yang terjadi? Butiran pasir tidak akan masuk semuanya dan aka nada sisa.
  • · Evaluasi permainan:
  • Gelas aqua adalah ibarat sejumlah waktu dalam sehari yaitu 24 jam, batu-batu kecil adalah kegiatan utama seperti; belajar, sekolah, les, bimbingan belajar. Pasir adalah kegiatan selingan seperti; main ps, main computer, kewarnet, buka internet, nonton TV. Apabila kita memasukan pasir terlebih dahulu maka gelas aqua akan terisi dengan jumlah pasir dan batu yang sedikit dan masih ada sisa tidak dapat diisi lagi karena sudah penuh. Tetapi apabila memasukan batu terlebih dahulu maka batu dan pasir yang telah disediakan sesuai dengan ukuran gelas aqua akan terisi sampai penuh tanpa ada yang tesisa atau yang tidak terisi.

Dengan demikian dalam kegiatan sehari-hari kita harus mengerjakan kegiatan yang utama terlebih dahulu kemudian diisi dengan kegiatan selingan sehingga kita dapat memanfaatkan waktu dengan baik.


Aksi

Information

Tinggalkan komentar