contoh satuan layanan BK

28 04 2010

CONTOH SATUAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING TINGKAT SD

SATUAN PELAYANAN BIMBINGAN

  1. Topik /Pokok Bahasan             :Manajemen Waktu
  2. Bidang Bimbingan                                 :Pribadi Sosial
  3. Fungsi Layanan                         :

Pemahaman, Pengembangan.

  1. Kompetensi Dasar (Tujuan Umum)      : Siswa mampu mengatur waktu dalam kegiatan sehari-hari.
  2. Indikator                                  :
    • Siswa mampu memahami dan menjelaskan arti manajemen waktu
    • Siswa dapat menjelaskan pentingnya manajemen waktu
    • Siswa dapat menjelaskan cara memanajemen waktu
    • Siswa mengetahui manfaat manajeman waktu
  3. Sasaran Pelayanan                                : SD kelas V-Semester I
  4. Materi Bimbingan                                 :
    • Pengertian manajemen waktu
    • Pentingnya manajemen waktu
  • Cara memanajemen waktu
  • Manfaat manajemen waktu
  1. Metode                                                :Cerama singkat, permainan, Tanya jawab, penugasan/refleksi
  2. Alat                                                     : pasir, batu-batu kecil, gelas aqua.
  3. Sumber                                                :
  1. Kegiatan dan Langkah-Langkah            :
No Pembimbing waktu
1. Sapaan awal; Menyampaikan secara singkat materi pelayanan bimbingan 5 menit
2. Permainan 15 menit
3. Tanya jawab 4 menit
4. Penugasan/refleksi 10 menit
5. Penutup 1 menit
  1. Tempat Kegiatan                                  :Ruang kelas V
  2. Waktu (sem, tgl, jp)                              :semester II,… 35 menit.
  3. Penyelengara pelayanan                        :Imelda Irna

Mengetahui,                                                      Yogyakarta,   April 2010

Koordinator BK

Penyelenggara pelayanan

( Drs. Gendon Barus,)                                                          Imelda Irna

Handout

Manajemen waktu

Manajemen waktu adalah proses memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya dengan menitikberatkan atas kemampuan diri sendiri untuk mampu merencanankan, mengatur, mengotrol waktu sehingga didapat hasil sesuai harapan.

Manajemen adalah mengatur, mengurus, melaksanakan, dan mengelola.

1.  Waktu adalah hidup

  • Secara lebih luas, waktu dapat diartikan sebagai hidup (time is life).
  • Artinya, bagi manusia, waktu sama saja dengan hidup.
  • Bicara tentang waktu, sama dengan bicara tentang hidup, yakni hidup yang masih bisa berbuat sesuatu, karena adanya waktu.
  • Manusia = “dia ada waktu”.
  1. Waktu sebagai kesempatan.
  • 1 hari 24 jam
  • 1 minggu 168 jam
  • Waktu kadang berlalu cepat, bila berhadapan dengan batas waktu.
  • Sebaliknya waktu kadang terasa begitu lama ketika kita mengerjakan pekerjaan yang membosankan.
  • Waktu berarti kesempatan, yang dapat kita isi secara sadar dan bertanggung jawab.

Pentingnya manjemen waktu

Membuat hidup kita lebih produktif atau banyak menghasilkan sesuatu.

Misalnya dalam belajar dengan memanajemen waktu belajar yang baik maka hasil belajarpun akan baik dan memuaskan.

Waktu adalah harta paling berharga milik Anda. Sekali waktu berlalu, waktu berlalu untuk selamanya. Tidak ada manusia yang bisa kembali ke masa lampau. Adalah sangat penting untuk mengelola waktu dengan sebaik mungkin yang kita mampu. Semakin baik kita mengelola waktu, maka semakin baik kehidupan kita. Sebaliknya, semakin buruk kita mengelola waktu, maka semakin buruk pula kehidupan kita.

Waktu adalah sesuatu yang amat penting bagi kehidupan manusia. Dalam kehidupan ini, setelah mengenal tiga dimensi, manusia mengenal dimensi waktu, yaitu suatu dimensi yang mengikat kehidupan setiap makhluk kemanapun dia beraktifitas.

Tips :

  1. Menggantungkan jadwal rutinitas bulanan di kamar mereka dan menginstruksikan mereka untuk mencoret hari yang telah mereka lalui.
  2. Memerintahkan anak-anak agar bersiap-siap untuk memulai hari dengan waktu sesingkat mungkin.
  3. Mengajarkan kepada mereka tentang manajemen waktu yang mampu membuat hidup mereka teratur. Anda harus mengajarkan mereka betapa pentingnya manajemen waktu, sehingga mereka akan mengetahui bahwa waktu berlalu dengan cepat sedangkan pekerjaan-pekerjaan yang harus dilakukan begitu banyak.
  4. Membuat jadwal pelajaran, baik untuk mengerjakan pekerjaan rumah (PR) atau belajar ketika ujian. Karena hal tersebut merupakan cara terpenting untuk mengorganisir waktu dalam kehidupan anak-anak.
  5. Ajarkan bahwa setiap kali umur anak-anak bertambah, maka tanggung jawabnya terhadap waktu pun bertambah.

“Komitmenlah dengan jadwal Anda semaksimal mungkin. Kendati demikian, jangan paksakan diri Anda secara ekstrim…”

PERMAINAN

Mengisi batu-batu kecil dan pasir kedalam gelas aqua.

CARA BERMAIN :
• masukan batu-batu kecil ke dalam gelas aqua sebanyak 2 buah
• kemudian diisi dengan pasir
• isi lagi dengan batu-batu kecil  kembali
• teruskan sampai gelas aqua terisi penuh tanpa ada pasir yang tersisa.

  • · Usahakan sebelumnya siswa melakukan sendiri tanpa diberitahu caranya oleh guru.
  • · Coba dengan cara lain, masukan pasir terlebih dahulu kemudian batu-batu kecil, apa yang terjadi? Butiran pasir tidak akan masuk semuanya dan aka nada sisa.
  • · Evaluasi permainan:
  • Gelas aqua adalah ibarat sejumlah waktu dalam sehari yaitu 24 jam, batu-batu kecil adalah kegiatan utama seperti; belajar, sekolah, les, bimbingan belajar. Pasir adalah kegiatan selingan seperti; main ps, main computer, kewarnet, buka internet, nonton TV. Apabila kita memasukan pasir terlebih dahulu maka gelas aqua akan terisi dengan jumlah pasir dan batu yang sedikit dan masih ada sisa tidak dapat diisi lagi karena sudah penuh. Tetapi apabila memasukan batu terlebih dahulu maka batu dan pasir yang telah disediakan sesuai dengan ukuran gelas aqua akan terisi sampai penuh tanpa ada yang tesisa atau yang tidak terisi.

Dengan demikian dalam kegiatan sehari-hari kita harus mengerjakan kegiatan yang utama terlebih dahulu kemudian diisi dengan kegiatan selingan sehingga kita dapat memanfaatkan waktu dengan baik.

Tanya jawab

  1. Apakah selama ini anak-anak mengatur waktu dengan baik?
  2. Apakah anda membuat jadwal kegiatan sehari-hari?
  3. Jika anda membuat jadwal kegiatan sehari-hari dan dijalankan dengan baik, teratur sesuai jadwal yang telah dibuat?
  4. Bagaimana pengalaman anda ketika anda melakukan kegiatan sehari-hari secara tidak teratur?

LEMBAR KERJA SISWA

KEGIATANKU MINGGU DEPAN

KEGIATAN-KEGIATAN UTAMA:

  • Profil………………………………………………………….
  • ………………………………………………………….
  • ………………………………………………………….
  • ………………………………………………………….
  • ………………………………………………………….
SENIN

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

SELASA

…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

RABU

…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

KAMIS

…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

JUMAT

…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

SABTU

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….

MINGGU

…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………


About these ads

Aksi

Information

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: